Peran Wirausaha Muda dalam AEC 2015

Wirausaha muda memegang peran strategis dalam menyambut ASEAN Economic Community (AEC) 2015 atau kita sebut sebagai Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pertukaran dalam bentuk investasi, tenaga kerja, barang dan jasa, ialah hal yang menjadi prioritas dalam tujuan AEC tersebut.

Dengan pendayagunaan seluruh komponen, terutama penggunaan SDM yang berkualitas dari pemuda yang profesional, akan diprediksi dapat memajukan perekonomian bangsa Indonesia pada pasar di abad ke-21  yang memiliki daya saing tinggi yang mana SDM bukan hanya cerdas dalam bisnis namun ditambah dengan nilai plus yakni mumpuni di bidang akademik. Akibatnya, penyatuan bidang skill dengan bidang kognitif yang hebat, maka SDM yang seperti ini segera patut di “cap” sebagai aset berharga untuk bangsa Indonesia.

Dalam berwirausaha, mendapatkan suatu penghasilan materil bukanlah menjadi tujuan utama, walau kadang hal itu tidak bisa dinafikan. Namun, dengan berwirausaha berbagai macam keuntungan dapat diperoleh seperti latihan untuk percaya diri, melatih untuk bersikap jujur, dapat mengembangkan relasi serta dapat menambah kepintaran dan daya nalar kreatif seseorang, karena dengan wirausaha akan mampu menciptakan banyak peluang-peluang ide yang kreatif dan jenius untuk mengantarkan seseorang menuju kesuksesan.

Jika sekiranya kita mau dan siap dari sekarang untuk merealisasikan keinginan kita untuk berwirausaha, maka segeralah lakukan. Apapun tantangannya, jangan takut memulainya, kreatif dan beranilah. Hanya ada dua yang mesti kita siapkan dalam memulai wirausaha sebagai bekal rahasia, yakni Tekad dan Modal.

Nah, mulai dari sekarang di penghujung tahun 2014 ini, marilah kita untuk mendayagunakan komponen pemuda Indonesia  sebagai pangku generasi kemajuan ekonomi bangsa ini. Jadikan pengusaha muda sebahagian besar dari kalangan mahasiswa. Sebab merekalah yang akan melahirkan perusahaan besar di negeri ini. Sehingga bukan hanya pengusaha-pengusaha besar dari luar negeri yang memiliki saham di negeri kita. Dengan hadirnya generasi muda di AEC 2015 mendatang, kita buktikan bahwa SDM yang dimiliki negeri ini juga akan mampu bersaing di pasar global dunia. Sekarang, semuanya terletak pada diri kita, jika kita tidak mempersiapkan sekarang untuk mulai ber-wirausaha, maka bersiaplah untuk menelan pahitnya keterasingan di dunia ekonomi sesungguhnya.

20
Des
2014
20
Des
2014