Konsep Pengobatan Dalam Ayurveda


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Info Akun

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Mengubah Tri Dosha

Menurut Ayurveda, ketiga Tri dosha terus berubah dan menyeimbangkan satu sama lain dalam makhluk hidup. Dalam sebuah tanaman, Vata terkonsentrasi di bunga dan daun (yang mencapai terjauh ke ruang angkasa dan udara). Kapha terkonsentrasi di akar (di mana air disimpan di pelukan bumi) dan Pitta ditemukan dalam minyak atsiri, resin dan getah (terutama dalam rempah-rempah yang merangsang pencernaan).

Tumbuhan yang berbeda memiliki konsentrasi Vata, Pitta dab Kapha yang berbeda. Oleh karena itu, penggunaan berbagai makanan, tanaman, dan bagian tanaman tertentu dapat mengubah proporsi tubuh Vata, Pitta dan Kapha. Mengkonsumsi sayuran akar, produk susu, atau herbal penenang seperti valerian, meningkatkan Kapha kita. Meminum bunga herbal seperti melati, atau memakan biji-bijian kering, meningkatkan Vata kita. Makan panas,

Konsep Enam Rasa

Secara ilmiah, menemukan diet seimbang membutuhkan pemahaman tentang kelompok makanan yang berbeda, nilai gizi makanan dan pemahaman tentang kebutuhan harian. Diet yang tidak seimbang menyebabkan kekurangan atau kelebihan nutrisi dalam tubuh.

Ayurveda telah mengembangkan sistem yang sangat sederhana untuk mengidentifikasi diet seimbang untuk tubuh. Ini disebut sistem enam selera. Ayurveda hanya mengakui enam selera dasar. Ini mendalilkan bahwa semua nutrisi penting yang diperlukan untuk kehidupan terkandung dalam makanan yang terdiri dari semua enam rasa. Keenam rasa; manis, asam, asin, pahit, pedas, dan astringen. Semua makanan dikategorikan menurut selera utama mereka. Makanan apa pun yang mengandung makanan dari keenam selera ini akan menjadi makanan yang seimbang.

Ayurveda mengenali bagaimana enam rasa memengaruhi dosha. Karena itu, ia menggunakan cita rasa makanan untuk menghasilkan modifikasi yang diperlukan dalam status dosha tubuh.

Dalam sistem Ayurvedic, rasa makanan yang berbeda memiliki tempat utama dalam menghasilkan diet yang tepat jika terjadi ketidakseimbangan dalam dosha atau vikruti.

Sebagai contoh, seorang wanita yang beberapa hari lagi dari periode bulanannya, akan merasa kembung karena retensi cairan. Ini juga disertai dengan perubahan suasana hati dan depresi (PMS). Secara Ayurvedic, ini semua berarti bahwa Kapha kehabisan, kelebihan Kapha dalam sistem sebelum periode menstruasi.

Untuk mengurangi Kapha, Pungent (bawang, lobak, bawang putih, jahe, jintan, dll.), Pahit (sayuran berdaun hijau seperti bayam, sayuran pahit, kunyit) dan makanan astringen (seperti lentil, brokoli, kubis dll) diperlukan. Makanan manis (permen) atau makanan asin (seperti keripik kentang, kacang asin dll) jelas akan memperburuk keadaan. Demikian pula, bagi orang yang merasa sangat marah atau jengkel (tanda-tanda ketidakseimbangan Pitta), makanan yang manis, pahit, atau astringen akan sangat membantu. Herbal juga bisa digunakan sesuai dengan seleranya.

Efek Rasa Manis

  • Efek pada Tridosha: Mengurangi Vata. Mengurangi Pitta. Meningkatkan
  • Properti Kapha : Pendinginan (Tanah + Air)
  • Sumber / Contoh: Buah-buahan dengan gula alami seperti persik, plum manis, anggur, melon, dan jeruk. Sayuran seperti ubi, wortel, dan bit. Susu, mentega, dan biji-bijian utuh seperti nasi dan roti gandum. Herbal dan rempah-rempah seperti kemangi, akar licorice, cengkeh merah, peppermint, Elm dan adas licin. Ayurveda merekomendasikan untuk menghindari permen yang sangat diproses seperti permen dan gula, yang juga mengandung zat tambahan, pewarna makanan, dan pengawet.
  • Tindakan: Manis adalah rasa senang. Itu membuat kita merasa terhibur dan puas. Ini adalah salah satu alat penyembuhan yang paling penting untuk melemahkan kelemahan dalam Ayurveda. Memberi nutrisi dan memperkuat serta meningkatkan pertumbuhan semua jaringan, sehingga baik untuk anak-anak yang sedang tumbuh, orang tua, dan yang lemah atau terluka. Meningkatkan ojas dan memperpanjang usia. Baik untuk rambut, kulit dan kulit, dan untuk penyembuhan patah tulang. Menambahkan keutuhan bagi tubuh. Meningkatkan Rasa, Jala, dan ojas. Meredakan rasa haus. Menciptakan sensasi terbakar. Memberi nutrisi & menenangkan tubuh.
  • Gangguan: Secara berlebihan, rasa manis meningkatkan ketidakseimbangan dan gangguan Kapha seperti berat badan, malas, dan kusam, pilek, obesitas, tidur berlebihan, kehilangan nafsu makan, batuk, diabetes & pertumbuhan otot yang tidak normal.

Efek Rasa Asam

  • Efek pada Tridosha: Mengurangi Vata. Meningkatkan Pitta. Meningkatkan
  • Properti Kapha : Pemanasan (Bumi + Api)
  • Sumber / Contoh: Yogurt, cuka, keju, krim asam, anggur hijau, lemon (dan buah-buahan Citrus lainnya), Hibiscus, rose hips, asem, acar, Miso (pasta kedelai fermentasi) dan tumbuhan seperti jintan, ketumbar dan cengkeh.
  • Tindakan: Menciptakan perasaan suka bertualang. Menambahkan kelezatan pada makanan. Merangsang nafsu makan & menajamkan pikiran. Memperkuat organ-organ indera. Menyebabkan sekresi & air liur. Ringan, panas & tidak berbahaya. Baik untuk jantung, pencernaan, dan asimilasi. Membantu menghilangkan gas.
    Gangguan:Meningkatkan rasa haus, sensitivitas gigi, penutupan mata, pencairan kapha, toksikosis darah, edema, ulserasi, mulas & keasaman. Menyebabkan kelemahan dan pusing. Ini juga dapat menyebabkan gatal, iritasi, haus, dan keracunan darah.

Efek Rasa Asin

  • Efek pada Tridosha: Mengurangi Vata. Meningkatkan Pitta. Meningkatkan
  • Properti Kapha : Pemanasan (Air + Api)
  • Sumber / Contoh: Garam meja, Garam Laut, Garam Batu, Kelp, rumput laut.
    Tindakan: Unit dasar listrik, garam membantu menjaga kelembaban dalam vata. Membantu pencernaan. Bertindak sebagai Anti-spasmodik & Pencahar. Mempromosikan air liur. Menghilangkan efek dari semua selera lainnya. Menyimpan air. Berat, tidak berbahaya, panas.
  • Gangguan: Kelebihan garam dapat memperparah kondisi kulit, melemahkan sistem, menyebabkan kerutan pada kulit dan menjadi abu-abu serta tidak dapat ditumbuhi rambut. Ini mempromosikan penyakit kulit radang, asam urat, dan gangguan Pitta lainnya. Mengganggu darah. Menyebabkan pingsan & panas pada tubuh. Menyebabkan tukak lambung, ruam, jerawat & hipertensi.

Efek Rasa Pahit

  • Efek pada Tridosha: Meningkatkan Vata. Mengurangi Pitta. Mengurangi Kapha.
  • Properti: Pendinginan (Udara + Eter)
  • Sumber / Contoh: Dandelion Root, Holy Thistle, Yellow Dock, Rhubarb, melon pahit, sayuran hijau seperti selada Romaine, bayam, dan chard, akar kunyit segar, fenugreek, akar Gentian.
  • Tindakan: Dianggap sebagai salah satu selera penyembuhan yang paling besar untuk banyak jenis ketidakseimbangan dalam tubuh-pikiran. Makanan dan herba yang pahit mengeringkan dan mendinginkan serta menciptakan cahaya. Mempromosikan selera lain. Bertindak sebagai antitoksik & kuman. Merupakan penangkal pingsan, gatal & sensasi terbakar di tubuh. Meredakan rasa haus. Bagus untuk mengurangi demam. Mempromosikan pencernaan. Membersihkan darah dan membantu menghilangkan ama dalam sistem.
  • Gangguan:Terlalu banyak rasa pahit dapat menyebabkan dehidrasi. Itu juga dapat meningkatkan kekasaran, kekurusan, kekeringan. Mengurangi sumsum tulang & semen. Dapat menyebabkan pusing & ketidaksadaran akhirnya.

Efek Rasa Astringent

  • Efek pada Tridosha: Meningkatkan Vata. Mengurangi Pitta. Mengurangi Kapha.
  • Properti: Pendinginan (Udara + Bumi)
  • Sumber / Contoh: Pisang mentah, cranberry, delima, Myrrh, goldenseal, kunyit, okra, kacang-kacangan, gada, peterseli, saffron, kemangi, dan tawas.
  • Tindakan: Makanan keras dan rempah-rempah memeras air. Pengeringan dan mengencangkan, rasa astringen menghentikan diare, mengurangi keringat, dan memperlambat atau menghentikan pendarahan. Menyebabkan penyempitan pembuluh darah & pembekuan darah. Antiinflamasi. Mempromosikan penyembuhan. Memiliki tindakan obat penenang, tetapi bersifat sembelit. Kering, kasar, dingin.
  • Gangguan:Kelebihan astringen melemah dan menyebabkan penuaan dini. Efek pengeringannya menyebabkan sembelit dan retensi gas. Mempromosikan mulut kering. Mempromosikan gangguan Vata seperti kelumpuhan dan kejang. Obstruksi bicara. Terlalu banyak rasa astringen dapat mempengaruhi jantung.

Efek Rasa Pedas

  • Efek pada Tridosha: Meningkatkan Vata, Meningkatkan Pitta, Menurunkan Kapha
  • Properti: Pemanasan, (Api + Udara)
    Sumber / Contoh: Bawang, lobak, cabai, jahe, bawang putih, asafoetida, cabai rawit, lada hitam, mustard.
  • Tindakan: Merangsang nafsu makan dan meningkatkan pencernaan. Memberikan kejernihan mental. Membantu menyembuhkan gangguan Kapha seperti obesitas, pencernaan lamban & kelebihan air dalam tubuh. Ini meningkatkan sirkulasi, kuman, berhenti gatal, memfasilitasi berkeringat dan menghilangkan ama (akumulasi racun). Menjaga mulut tetap bersih. Membersihkan darah, menyembuhkan penyakit kulit, membantu menghilangkan bekuan darah, membersihkan tubuh agar tetap ringan, panas & tidak berbahaya.
  • Gangguan:Rasa pedas yang terlalu banyak dapat menyebabkan kelemahan, rasa letih, kotoran, sensasi terbakar di tubuh. Meningkatkan panas, berkeringat, dapat menyebabkan tukak lambung, pusing & tidak sadar.


Baca Juga

Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan