Konsep Pengobatan Dalam Ayurveda


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Info Akun

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Konsep Tantra Rasayana

Tantra Rasayana T adalah salah satu dari delapan spesialisasi utama Ayurveda. Cabang ini mengacu pada nutrisi, ketahanan alami dan geriatri. Menurut konsep Ayurvedic, Rasayana dapat menjadi obat, makanan atau gaya hidup ( Achara ). Achara rasayana merupakan bagian penting dari Tantra Rasayana. Menurut Ayurveda seorang Rasayana membantu memperkuat Ojas, Bala dan Vyadhikshamatva.

Bhela Samhita dengan jelas menunjukkan bahwa ada dua belas jenis Ojas. Ojas adalah esensi dari semua Dhatu. Itu juga menunjukkan situs mereka. Ahara, Vihara, dan Manasa Bhava, jika digunakan dengan benar, mendukung Ojas tetapi jika dilecehkan, mereka memiliki dampak buruk terhadapnya.

Tiga jenis Bala yang diakui. Ini adalah Sahaja Bala (kekuatan yang secara alami hadir), Kalaja Bala (kekuatan yang datang seiring berjalannya waktu yaitu musim dan perubahan usia), dan Yuktikrita Bala (kekuatan yang disediakan melalui tindakan terapi yaitu. Rasayan prayoga (penggunaan Rasayana) dll).

Bala dipengaruhi oleh berbagai faktor. Para Tridosha yaitu Vata, Pitta dan Kapha mempengaruhi Bala terutama melalui Prakriti. Agni adalah faktor lain yang memengaruhi Bala. Prana dan Bala, keduanya diproduksi oleh Ojas, adalah sinonim dari Kshamatva.

Yadhikshamatva merupakan kapasitas tubuh untuk batas virulensi faktor produksi penyakit. Ini adalah dua jenis yaitu Vyadhi-Utpad-Pratibandhakatva (kapasitas untuk membatasi produk penyakit) dan Vyadhi-Bal-Virodhakatva (kapasitas yang bertindak melawan kekuatan penyakit). Dhatu-Sarata, terutama yang dari Shonita (darah), Mamsa (Daging) dan Asthi (tulang) menghasilkan Vyadhikshamatva yang baik. Samhata-Sharira yaitu tubuh yang baik, kompak dan tersusun dengan baik memiliki Vyadhikshamatva yang baik dan dikatakan dapat melawan efek buruk penyakit secara efisien.



Baca Juga

Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan