Konsep Pengobatan Dalam Ayurveda


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Info Akun

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran.

Konsep sebab-akibat

Dalam organisasi Ayurvedic sebab dan akibat, terlalu banyak Kapha menyebabkan penumpukan lendir pada sinus dan saluran hidung, paru-paru dan usus besar. Ini menciptakan kekakuan, fiksasi pemikiran dan ketidakfleksibelan dalam pikiran. Jika Kapha tidak cukup, kondisi ini menyebabkan tubuh mengalami saluran pernapasan kering, membakar perut (karena kurangnya lendir, yang memberikan perlindungan dari asam lambung berlebih), dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Kapha memiliki kualitas sifat manis mulut, dingin, berat, stabil, padat dan halus.

Ketika beberapa pasir dilemparkan ke dalam wadah berisi air, keduanya akan terpisah saat pasir mengendap di dasar. Hanya dengan mengaduk terus menerus campuran akan tetap seimbang. Kekuatan Kapha seperti mengaduk, menjaga keseimbangan Jala (air) dan Prithvi (bumi).

Suka dan Tidak Suka

Apa pun yang masuk ke tubuh kita (mikrokosmos) dapat mengerahkan tiga efek yang mungkin pada organisme.

Itu bisa bertindak sebagai makanan. Ini memelihara organisme. Ini dapat bertindak sebagai obat. Ini menyeimbangkan organisme. Itu bisa bertindak sebagai racun. Ini mengganggu organisme.

Lima elemen dapat mengerahkan satu, dua, atau ketiga efek ini. Aturan yang mengatur interaksi antara lingkungan dan organisme adalah Hukum Suka dan Tidak Suka. Suka tambah suka. 

Misalnya, ketika anda berbaring di bawah sinar terik matahari, suhu tubuh anda naik. Demikian pula, ketika anda mandi di air dingin, suhu tubuh anda turun. Segala sesuatu yang anda alami, makanan, obat-obatan, atau racun, meningkat seperti bagian dari mikrokosmos anda dan mengurangi bagian-bagian yang tidak seperti itu. Demikian pula, pikiran juga memasuki mikrokosmos anda. Pikiran bisa positif atau negatif dan akan mempengaruhi keberadaan anda. Pikiran positif meningkat sementara pikiran negatif mengurangi kesejahteraan diri pribadi.

Mengetahui apa yang baik dan apa yang buruk bagi diri pribadi memungkinkan seseorang untuk membuat pilihan berdasarkan informasi dalam kehidupan. Pikiran dan sikap yang harmonis sebenarnya mendorong kemakmuran sementara pikiran dan tindakan yang mengganggu menyebabkan kehancuran utama dari mikrokosmos yang merupakan individu.

Konsep penyakit

Ayurveda berpendapat bahwa kondisi penyakit tertentu adalah gejala ketidakseimbangan yang mendasarinya. Itu tidak mengabaikan kelegaan dari gejala-gejala ini, tetapi fokusnya adalah pada gambaran besar: untuk mengembalikan keseimbangan dan membantu menciptakan gaya hidup yang sehat sehingga ketidakseimbangan tidak akan terjadi lagi.

Hidup dalam kesehatan dan keseimbangan adalah kunci untuk umur panjang yang bebas dari penyakit. Mungkin pelajaran terpenting yang harus diajarkan Ayurveda adalah kesehatan kita tergantung pada kita. Ketika kita memilih dengan bijak, alam memberi kita kesehatan dan kebahagiaan. Ketika kita terus-menerus memilih secara tidak bijaksana, alam, dalam kebijaksanaannya, akhirnya membuat kita benar: Dia membuat kita sakit dan memberi kita kesempatan untuk beristirahat dan memikirkan kembali pilihan kita.

Pendekatan Ayurveda ini pada dasarnya bersifat huministik-holistik, sangat berbeda dengan pendekatan reduksionis-mekanis dalam pengobatan ilmiah modern.

Konsep Prakruti dan Vikruti

Menurut Ayurveda, konstitusi dasar tubuh ditentukan pada saat pembuahan. Konstitusi ini disebut Prakruti. Istilah Prakruti adalah kata Sansekerta yang berarti, “alam,” “kreativitas,” atau “ciptaan pertama.”

Salah satu konsep Ayurveda yang sangat penting adalah bahwa konstitusi dasar seseorang ditetapkan sepanjang hidupnya. Kombinasi Vata, Pitta, dan Kapha yang hadir pada individu pada saat pembuahan dipertahankan sepanjang hidupnya. Ini adalah titik dasar.

Orang yang berbeda dapat memiliki kombinasi Vata, Pitta dan Kapha yang berbeda sebagai konstitusi dasar atau Prakruti. Inilah bagaimana Ayurveda menjelaskan perbedaan halus di antara individu. Ini juga menjelaskan mengapa setiap orang itu unik dan bahwa dua orang dapat bereaksi sangat berbeda ketika terpapar pada lingkungan atau rangsangan yang sama.

Prakruti adalah unik untuk seseorang seperti halnya sidik jari dan DNA. Jadi, untuk memahami seseorang, perlu untuk menentukan Prakruti-nya. Idealnya, konstitusi dasar harus dipertahankan sepanjang hidup. Sayangnya, ini bukan masalahnya.

Setiap orang mengalami interaksi yang konstan dengan lingkungannya yang memengaruhi konstitusi seseorang pada waktu tertentu. Tubuh terus-menerus berusaha mempertahankan keseimbangan dinamis atau keseimbangan dengan lingkungan.

Kondisi aktual tubuh saat ini disebut vikruti. Meskipun mencerminkan kemampuan tubuh untuk menyesuaikan diri dengan berbagai pengaruh dan selalu berubah, itu harus sesuai dengan prakruti, atau konstitusi bawaan, sedekat mungkin.

Jika proporsi saat ini dosha anda berbeda secara signifikan dari proporsi konstitusional anda, itu menunjukkan ketidakseimbangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penyakit. Semakin jauh Vikruti berasal dari Prakruti, semakin sakit tubuh itu.

Ayurveda mengajarkan bahwa Vikruti dapat diubah dengan berbagai cara seperti diet dan meditasi sehingga dapat mendekati Prakruti atau keadaan kesehatan yang sempurna. Konsep Prakruti dan Vikruti dapat diilustrasikan dengan mengacu pada suhu tubuh kita. Meskipun orang yang berbeda mungkin memiliki suhu dasar yang berbeda, itu tidak banyak berubah selama orang tersebut sehat. Ketika kita pergi keluar pada hari musim dingin, suhu tubuh kita mungkin turun sedikit; tetapi akan kembali ke normal jika kita sehat. Demikian pula, jogging di hari yang panas untuk sementara waktu dapat meningkatkan suhu tubuh kita. Ketika kita sakit, atau masuk angin, suhu tubuh kita akan naik. Ini menunjukkan bahwa kita sakit atau di luar kondisi basis normal kita. Kita dapat minum obat untuk mengembalikan suhu tubuh ke kisaran normal.

Dalam analogi dengan Ayurveda, suhu kita saat ini dapat dianggap sebagai Vikruti dan perbedaan antara Prakruti (suhu normal kita) dan Vikruti (suhu kita saat ini) dapat menentukan apakah diperlukan intervensi medis. Sama seperti dokter allopathic akan mengukur suhu dan tekanan darah anda secara rutin sebagai langkah pertama dalam mendiagnosis kondisi anda, praktisi Ayurvedic memulai dengan penentuan Prakruti dan Vikruti sebagai langkah pertama dalam mendiagnosis kondisi seseorang. Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan menuju kesehatan dan umur panjang yang sempurna, penting untuk memahami Prakruti dan Vikruti seseorang dan menentukan seberapa jauh jaraknya. Berbekal pengetahuan ini, kita bisa memetakan strategi perawatan. Ini adalah premis dasar dari Ayurveda.



Baca Juga

Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan