Yantra, Prinsip, Manfaat dan Penggunaan Kekuatannya


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Login

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran. Mohon melakukan konfirmasi dengan membalas email jika sudah melakukan pembayaran. Tanpa konfirmasi, pihak admin tidak dapat mengetahui jika sudah ada pembayaran.

Yantra secara harfiah berarti “pendukung” dan “instrumen”. Yantra adalah desain geometris yang berfungsi sebagai alat yang sangat efisien untuk kontemplasi, konsentrasi, dan meditasi. Yantra membawa makna spiritual: ada makna khusus yang berkaitan dengan tingkat kesadaran yang lebih tinggi.

Yantra bukanlah sihir, tetapi sebuah jalan atau teknik yang sering disalahartikan sebagai “Jadoo Toona” dan takhayul. Dalam istilah teknis, Yantra berarti alat, alat, jimat atau diagram mistik. Dengan mengikuti teknik dan instruksi tertentu, seseorang dapat mencapai “siddhi” dan memenuhi keinginan dan ambisinya dengan cepat.

Para “resi” kuno dan pelihat kita mempraktikkan Yantra dan mencapai kedamaian pikiran yang sempurna yang sangat penting dalam kehidupan modern. “Shastra” atau teks kuno telah menjunjung tinggi kekuatan Yantra sebagai alat yang efektif untuk mencapai kesadaran Tuhan.

Yantra menyediakan titik fokus yang merupakan jendela menuju yang absolut. Ketika pikiran terkonsentrasi pada satu objek sederhana (dalam hal ini Yantra), obrolan mental berhenti. Akhirnya, objek itu jatuh ketika pikiran bisa tetap kosong dan diam tanpa bantuan. Pada tahap yang paling maju, adalah mungkin untuk mencapai persatuan dengan Tuhan melalui visualisasi geometris dari sebuah Yantra.

Yantra seperti gambaran mikrokosmik dari Makrokosmik . Ini adalah titik fokus dan pintu luar dan dalam. Yantra seringkali berfokus pada dewa tertentu dan sebagainya. dengan mengikuti berbagai Yantra, Anda dapat memanfaatkan dewa atau pusat kekuatan kreatif tertentu di alam semesta.

Yantra biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga mata dibawa ke tengah, dan seringkali berbentuk simetris. Mereka bisa digambar di atas kertas, kayu, logam, atau tanah, atau bisa juga tiga dimensi.

Yantra paling terkenal di India adalah Sri Yantra, Yantra Tripura Sundari. Ini adalah simbol dari seluruh kosmos yang berfungsi untuk mengingatkan praktisi tentang tidak adanya perbedaan antara subjek dan objek.

Yantra adalah instrumen mistik , yang bertindak sebagai konduktor energi kosmik yang kuat, memiliki representasi diagram simbolis dari Dewa-Dewi. Ini digunakan untuk keharmonisan, kemakmuran, kesuksesan, kesehatan yang baik, kekayaan, yoga dan meditasi. Yantra juga disebut sebagai tempat tinggal kekuatan ilahi Tuhan. Meru Shree yantra.

Yantra adalah desain geometris yang bertindak sebagai alat yang sangat efisien untuk kontemplasi, konsentrasi, dan meditasi. Yantra membawa makna spiritual, dan mengarahkan pengguna ke tingkat kesadaran yang lebih tinggi.

Yantra memberikan titik fokus yang merupakan jendela menuju yang absolut. Ketika pikiran terkonsentrasi pada satu objek sederhana (dalam hal ini Yantra), obrolan mental berhenti. Akhirnya, objek itu jatuh ketika pikiran bisa tetap kosong dan diam tanpa bantuan. Pada tahap yang paling maju, adalah mungkin untuk mencapai persatuan dengan Tuhan melalui visualisasi geometris dari sebuah Yantra.

Yantra itu seperti gambaran mikrokosmik dari makrokosmos . Ini adalah titik fokus dan pintu masuk luar dan dalam. Yantra sering kali difokuskan pada dewa-dewi tertentu dan dengan menyetel Yantra yang berbeda seseorang dapat memanfaatkan pusat kekuatan kreatif tertentu di alam semesta. Yantra sama kuatnya dengan melantunkan mantra.

Yantra biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga mata dibawa ke tengah, dan seringkali berbentuk simetris. Mereka bisa digambar di atas kertas, kayu, logam, atau tanah, atau bisa juga tiga dimensi.

Yantra adalah mesin energi yang sangat kompleks yang mengandung figur geometris, permutasi desain pola dasar mistik dan tertanam dengan tanda tangan yang energik. Ketika diaktifkan atau diberi energi, Yantra yang telah diprogram menjadi “hidup” sehingga maksud atau tujuan yang terkandung dalam Yantra terwujud dalam fisik.

Yantra dapat digunakan untuk mewakili posisi astronomis planet-planet selama tanggal dan waktu tertentu. Itu dianggap menguntungkan dalam mitologi Hindu. Yantra ini dibuat dari berbagai benda yaitu Kertas, Batu Mulia, Pelat Logam dan Paduan. Dipercaya bahwa terus-menerus berkonsentrasi pada representasi membantu membangun keberuntungan, karena planet-planet memiliki gravitasi khas yang mengatur emosi dan karma dasar. Yantra ini sering dibuat pada tanggal dan waktu tertentu sesuai dengan prosedur yang ditentukan dalam veda.

Konsep Yantra

Kata Sansekerta ‘Yantra‘ berasal dari akar kata ‘yam‘ yang berarti menopang, menahan atau mendukung energi yang melekat pada elemen, objek atau konsep tertentu. Biasanya terdiri dari bentuk geometris luar yang melingkupi desain geometris interior. Setiap desain tertentu digunakan untuk tujuan atau maksud tertentu. Dalam arti pertamanya, Yantra dapat merujuk pada segala jenis alat mekanis, yang digunakan untuk membantu suatu perusahaan. Oleh karena itu, Yantra dalam pengertian ini adalah segala jenis mesin atau instrumen seperti yang digunakan dalam arsitektur, astronomi, alkimia, kimia, peperangan atau rekreasi.

Sebuah teks Sansekerta abad ke-11 M, Samarangana Sutradhara tentang ilmu arsitektur, memberikan gambaran yang jelas tentang pembuatan dan pengoperasian Yantra mekanis seperti burung terbang dari kayu, pesawat terbang dari kayu yang dimaksudkan untuk terbang dengan merkuri panas sebagai bahan bakar, pria dan wanita figur robot, dll. Arti istilah Yantra telah diperluas untuk merujuk pada usaha religius, dan telah memperoleh signifikansi teologis khusus. Mistik Yantra adalah alat bantu dan instrumen utama dalam disiplin Tantra Yoga. Pada dasarnya Yantra digunakan dalam konteks ini dan untuk tujuan ini adalah desain geometris abstrak yang dimaksudkan sebagai ‘alat’ untuk kontemplasi dan peningkatan kesadaran.

Mistik Yantra adalah gabungan dari tiga prinsip:

  1. Prinsip bentuk ( Akriti-rupa ).
  2. Prinsip-fungsi ( Kriya-rupa ).
  3. Prinsip-kekuatan ( Shakti-rupa ).

Mereka, pertama-tama, diyakini mengungkap dasar dalam dari bentuk dan bentuk yang berlimpah di alam semesta. Sama seperti, apapun struktur luarnya, semua materi terbuat dari kesatuan dasar intrinsik, atom, demikian pula setiap aspek dunia dapat dilihat dalam bentuk strukturalnya sebagai sebuah Yantra. Ketika ilmuwan melihat gambaran akhir dunia dalam struktur atom yang teratur, sederhana, di mana bentuk-bentuk primal tertentu muncul sebagai ‘keseluruhan’ yang harmonis, maka shilpi-Yogin (pembuat seni ritual) berusaha mengidentifikasi struktur terdalam dari alam semesta dengan memusatkan gambar beraneka ragam dari penampilan dunia melalui penglihatan yoga yang intens ke dalam persamaan bentuk sederhana. Maka, Yantra dapat dianggap sebagai persamaan bentuk pamungkas dari energi spesifik yang terwujud di dunia.

Dalam penerapannya yang terluas, Akriti-rupa mengacu pada bentuk struktur dalam atau tersembunyi, sehingga setiap struktur, dari atom hingga bintang, memiliki Akriti-rupa Yantra. Jadi, bunga atau daun memiliki struktur luar yang dapat langsung terlihat, tetapi juga memiliki bentuk dalam, yang umumnya terdiri dari kerangka kerangka di mana semua bentuk liniernya berpotongan dengan sumbu pusat atau inti: semua bentuk memiliki struktur kasar dan struktur bagian dalam ‘halus’, dengan pola kausal dasar (bentuk dalam) untuk bentuk luar.

Yantra berfungsi sebagai simbol pewahyuan dari kebenaran kosmik dan sebagai grafik instruksional dari aspek spiritual pengalaman manusia. Semua bentuk dasar Yantra adalah simbol psikologis yang sesuai dengan keadaan batin kesadaran manusia, yang memungkinkan kontrol dan perluasan kekuatan psikis. Karena alasan inilah Yantra dikatakan mewujudkan ‘prinsip-fungsi’ (Kriya-rupa).

Dengan penguatan terus-menerus dalam pemujaan ritual, bentuk-bentuk Yantra yang tampaknya tidak bergerak melepaskan diri dari dormansi mereka dan bertindak bersama sebagai lambang kekuatan psikis. Dalam hal ini, Yantra dikatakan bergerak melampaui ‘bentuk’ dan ‘fungsi’ dan muncul sebagai ‘diagram kekuatan’ (Sakti-rupa) yang memiliki kecenderungan yang muncul sendiri untuk mengubah pengalaman duniawi menjadi pengalaman psikis. Pada titik inilah Yantra dikatakan ‘terungkap’. Meskipun makna lahiriahnya mungkin relatif mudah dipahami, makna batin yang memberinya kemanjuran sulit untuk dipahami karena bentuk arketipalnya pada dasarnya berkaitan dengan fakta-fakta batin pengalaman psikis, yang diperoleh melalui penglihatan intuitif.

Cara kerja Yantra

Dasar dari operasi Yantra adalah sesuatu yang disebut “energi bentuk” atau “energi bentuk”. Idenya adalah bahwa setiap bentuk memancarkan frekuensi dan pola energi yang sangat spesifik. Contoh kepercayaan lama pada energi bentuk adalah Yantra dan mandala filosofi timur, bintang Daud, bintang berujung lima (segi lima), salib Kristen, piramida, dan sebagainya. ‘Kekuatan’ tertentu dianggap berasal dari berbagai bentuk. Beberapa memiliki energi ‘jahat’ atau negatif dan beberapa energi ‘baik’ atau positif, tetapi dalam YANTRA Yoga hanya energi dermawan dan harmonis yang digunakan.

Ketika seseorang berfokus pada Yantra, pikirannya secara atomatis “disetel” oleh resonansi ke dalam bentuk energi spesifik dari Yantra itu. Proses Yantra kemudian dipertahankan dan diperkuat. Yantra hanya bertindak sebagai mekanisme “tune in” atau pintu masuk. Energi halus tidak datang dari Yantra itu sendiri, tetapi dari Makrokosmos.

Pada dasarnya Yantra adalah kunci rahasia untuk membangun Resonansi dengan energi dermawan Makrokosmos. Sangat sering Yantra dapat menghubungkan kita dengan energi dan entitas yang sangat tinggi, menjadi bantuan yang tak ternilai di jalan spiritual.

Kekuatan Yantra

Kekuatan Yantra untuk menimbulkan resonansi atau getaran didasarkan pada bentuk khusus dari penampilannya. Diagram semacam itu dapat disusun dari satu atau lebih bentuk geometris yang digabungkan menjadi model yang tepat yang mewakili dan mengubah intinya, pada tingkat alam semesta fisik, bidang gaya halus yang sesuai dengan dewa yang dipanggil. Dari sudut pandang ini kita dapat berargumen bahwa fungsi Yantra mirip dengan mantra (kata suci). Dengan getaran, energi tertentu dari Makrokosmos praktisi bergetar pada panjang gelombang yang sama dengan energi tak hingga yang sesuai yang ada di Makrokosmos, energi yang diwakili dalam bidang fisik oleh Yantra. Prinsip resonansi dengan ketuhanan, kekuatan kosmik, aspek, fenomena atau energi apa pun berutang penerapan universal pada kesesuaian sempurna yang ada antara manusia (dilihat sebagai Makrokosmos sejati) dan Penciptaan secara keseluruhan (Mikrokosmos).




Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan

Baca Juga