Tutur Gong Besi, Pinugrahan dari Bhatara Dalem


Baik Buruknya Wuku dalam Tutur Gong Besi 

Baik buruknya Dewasa, tempatnya pada Uku, Saptawara dan Pancawara.

SINTA

mengerjakan tempat bercocok tanam, dan baik untuk membongkar tempat untuk pekarangan. bila membuat guna-guna yang ditanam, memberikan tumbal untuk perlindung (pakakas), membuat rerajahan penurun hujan, mencari menantu, memasang pengasihan, semuanya tidak boleh karena semunya buruk.

LANDEP

Tidak baik untuk pindah tempat, tidak melaksanakan upacara perkawianan, membuat pintu, semuanya tidak baik. Baiknya adalah membuat senjata, membersihkan pedang tombak, mengikat pagar, membuat peralatan menangkap ikan, semuanya baik.

UKIR

Tidak baik mengobati orang sakit,membuat tumbal untuk pelindung, membuat rumah, semuanya tidak boleh. Baik untuk melaksanakan upacara perkawinan, memperbaiki segala yang rusak, menjalin persahabatan langgeng dengan baik.

KULANTIR

Tidak baik mencari calon menantu, tidak boleh mengumpulkan orang tidak akan terkumpul, apabila mengawinkan binatang tidak akan bisa, tidak boleh bercocok tanam, semuanya tidak baik. Baiknya adalah mencari calon istri akan cepat dapat.

TOLU

Keburukannya tidak boleh tidur, bila pergi berjudi kemungkinnya akan kalah, mengepang jenis-jenis buah tidak boleh. Baiknya adalah pergi mencari pekerjaan, berobat, bercocok tanam, pindah tempat, mencari calon menantu, semua pekerjaan baik.

GUMBREG

Tidak baik membangun rumah tidak boleh, menanam pohon buah-buahan tidak akan berbuah, apabila melakukan suatu pekerjaan akan memperoleh bahaya, bila bepergian akan celaka, menitip belanja, membuat dagangan akan memperoleh untung.

WARIGA

Keburukannya ialah jika melaksanakan suatu pekerjaan kemungkinan akan salah, tidak boleh melakukan perjalanan jauh, dan berperang seperti orang keedanan, namun baik mencari sahabat, memuliakan orang-orang tua, membendung air, baik untuk membuat senjata, akan memperoleh makanan ditempat tiba.

WARIGADEAN

Tidak baiknya adalah bepergian tidak akan menemukan apa-apa, pindah tempat, mencari (binatang) piaraan, mendirikan rumah, semuanya tidak baik. Bila membangun rumah boleh, menitipkan (barang) baik, berguru belajar pintar

JULUNGWANGI

Tidak baik untuk bepergian jauh mencari suatu tempat, membuat bangunan, mencari makanan dan sejenisnya, mengobati bayi, baik untuk melamar akan berhasil, mencangkul bercocok tanam, mengajar anak agar patuh.

SUNGSANG

Tidak baiknya adalah janganlah melakukan kegiatan naik, menotor pohon buah-buahan, bepergian jauh, mengadakan keramaian bersenang-senang, pergi berperang, semuanya itu tidak baik. Baiknya adalah pergi mencari pekerjaan, pindah tempat, mencari sahabat, menitip pesan, pergi ke Negara lain, bercocok tanam, semua itu baik.

DUNGULAN

Tidak baik untuk bepergian jauh, jangan mengobati orang sakit, jangan melaksanakan upacara perkawinan, jangan memasuki rumah (baru), tidak boleh menjadi priyayi, semuanya tidak baik. Baiknya adalah pergi sebagai pembantu, pergi jauh dengan membawa senjata untuk berburu, belajar mengartikan.

KUNINGAN

Keburukannnya adalah tidak boleh bercocok tanam, tidak boleh memasuki rumah baru, tidak boleh melaksanakan upacara perkawianan, buruk semuanya, (tetapi) melaksanakan segala pekerjaan baik.

LANGKIR

Tidak baik menenung, menjalani perkara akan mengalami pertengakran, yang lainnya semua tidak baik, baiknya adalah bercocok tanam akan tumbuh subur, baik bepergian, menyampaikan pesan berhasil, mengasah segala senjata, mengobati penyakit boleh, semuanya baik.

MEDANGISA

Tidak baik bepergian, mencari pangan berhasil, membuat sumur  tidak boleh, mengupacarai pekarangan tidak boleh, baik untuk menjalin persahabatan akan saling mengasihi, mengobati penyakit cepat sembuh, upacara perkawinan baik, dan sejenisnya.

PUJUT

Tidak baik waktu mengawali melaksanakan suatu pekerjaan, bepergian pada sore hari, menyepi untuk mencari penghidupan, mencari sapi kerbau dan babi, menanam buah-buahan baik.

PAHANG

Pergi jauh mencari pangan, mengawali suatu pekerjaan semua buruk,. Baiknya adalah mengobati orang akan cepat sembuh, bercocok  tanam dan sebagainya akan subur, dan bila ada keinginan untuk kawin boleh.

KRULUT

Buruk, jangan pergi mengobati orang sakit, karena kemungkinan mati, segala yang dikerjakan tidak akan dapat diselesaikan, menanam kapas tidak boleh, semuanya buruk; baiknya adalah potong gigi, ngotonin, menyiapkan alat-alat bahan rumah, semuanya baik.

MERAKIH

Tidak baik untuk melaksanakan suatu pekerjaan, apabila memberi akan diterima, pindah akan menemukan bahaya. Baiknya adalah bercocok tanam, memasang tumbal, membuat ‘pamatuh’ rumah, dan membuat pekarangan.

TAMBIR

Janganlah pergi mencari guru, belajar kadyatmikan, mencari musuh, semuanya buruk. Baiknya adalah pergi berdagang, mencari penghidupan, menanam buah-buahan, menancapkan batang pohon, semuanya baik.

MEDANGKUNGAN

Tidak baik untuk menyelesaikan perkara, melihat calon istri. Baiknya adalah melaksanakan perkawinan, mendirikan rumah, pergi mencari sesuatu yang penting.

MATAL

Keburukannya, tidak boleh bepergian, tidak baik memindahkan rumah, kemungkinan ditinggalkan. Kebaikannya adalah melaksanakan upacara perkawinan, melaksanakan suatu pekerjaan akan mendatangkan orang, membantu melaksanakan pekerjaan, memuja akan diterima, semuanya dengan perasaan baik.

UYE

Tidak baik untuk bepergian jauh, memasang tipu daya akan kentara, bila mengolok-olok akan kena olok-olok. Baiknya adalah mencari burung akan berhasil, baik untuk bercocok tanam, pergi mencari pekerjaan akan mendapat untung.

MENAIL

Tidak baik menebar gabah, mengambil burung beo untuk benih tidak boleh, melaksanakan upacara perkawinan akan menjadi janda/duda. Baiknya adalah pergi berobat dan mencari surat, membuat kentongan, mengawali membuat kuburan, menjalani perkara, semua boleh.

PRANGBAKAT

Keburukannya, janganlah pergi mencari pekerjaan, mengobati orang sakit tidak akan sembuh, menanam buah-buahan tidak akan berbuah, tidak memasuki rumah baru, semua tidak baik. Kebaikannya adalah membuat tempat persembunyian, baik pahalanya tidak akan diketahui persembunyiannya, baik untuk menjajakan dagangan, menjatuhkan hukuman boleh.

BALA

Buruknya menyombongkan kepandaian, meremehkan pengajaran (perguruan).Segala yang dikerjakan semuanya buruk. Baiknya adalah, baik terhadap sahabat, meminta pertolongan, atau mengambil hati untuk mendapat pertolongan, mengumpulkan orang, berebut mengikuti.

  • Ra (Redite = Minggu) Ka (Kliwon) : Baik untuk mencari orang hilang, ditemui.
  • Co (Coma = Senin ) U (Umanis) : Buruk jika bepergian. Mendapat untung jika berjualan, tetapi tidak langgeng
  • A (Anggara = Selasa) Pa (Paing) : Segera berhasil mendapatkan segala yang hilang.
  • Bu (Buda = Rebo) Pwa (Pon) : Buruk untuk bekerja tetapi baik untuk bepergian.
  • Wra (Wraspati = Kemis) Wa (Wage) : Baik untuk membuat sumur, berpesan sama suka. Baik untuk mengasah senjata.
  • Su (Sukra = Jumat) Ka (Kliwon) : Buruk untuk bepergian, cendrung dihadang musuh.
  • Sa (Saniscara = Sabtu) U (Umanis) : Buruk untuk melakukan segala pekerjaan, tetapi baik untuk yana nga 

UGU

Buruknya bersahabat (Bila) mendapat pemberian ayam. Bertentangan dikemudian hari. tidak boleh bersaing dalam mencari makan. Baiknya menjalin kekerabatan, membangun rumah. Berkesinambungan mendapat untung. Baik untuk bercocok tanam, segala tanaman berbuah.

  • Ra (Radite = Minggu) Pa (Paing) buruk untuk segala pekerjaan, bila bepergian mendapat rintangan, mendapat sakit ditempat yang dituju.
  • Co (Coma = Senin), Pwa (Pon) : baik untuk berdagang mendapat untung disepanjang jalan
  • A (Anggara = Selasa), Wa (Wage) : baik untuk mendapatkan segala yang dicari. hari baik untuk memulai membersihkan gulma/menyamai padi. baik untuk menanam bibit padi.
  • Bu (Buda = Rebo). Ka(Kliwon) : buruk untuk bepergian, cendrung ditusuk musuh tanpa dapat membalas.
  • Wra (Wraspati = Kemis), U (Umanis) : baik untuk seluruh pekerjaan. Baik untuk menanam pohon berbuah.
  • Su (Sukra = Jumat), Pa (Paing) : baik untuk membuat sumur, bila bepergian mendapat kerahayuan. baik untuk menilep pesan. baik untuk mengasah senjata.
  • Sa (Saniscara = Sabtu) Pwa (Pon) : baik untuk berusaha, bepergian. Berhasil sampai ditempat tujuan. Baik untuk merobohkan rumah.

WAYANG

Buruknya bila mulai mengambil pekerjaan. jangan menjenguk orang sakit. Buruk untuk memulai peperangan. baiknya untuk mencari kesenangan, mendapat bahagia. Pergi berburu, pergi berguru, belajar untuk mendapat ilmu.

  • Ra (Redite = Minggu), Wa (Wage) : Baik untuk bekerja. Buruk untuk berobat.
  • Co (Coma = Senin), Ka (Kliwon) : Buruk untuk bepergian, cendrung mendapat sakit di tempat yang dituju atau dirampok di tengah jalan.
  • A (Anggara = Selasa), U (Umanis) : Sangat buruk bila melakukan pekerjaan. Jika bepergian cendrung menderita di tempat tujuan, tetapi berhasil mendapat segala yang diusahakan.
  • Bu (Buda = Rebo) Pa (Paing) : Baik bila melakukan pekerjaan, tetapi buruk untuk bepergian, cendrung mendapat sakit di tempat yang dituju.
  • Wra (Wraspati = Kemis), Pwa (Pon), Baik untuk bepergian, mendapat untung.
  • Su (Sukra = Jumat), Wa (Wage) : Buruk untuk bekerja, berjumpa dengan ingkel gulu, menderita. Jika bepergian mendapat sedih di tempat tujuan, tidak baik untuk dituruti.
  • Sa (Saniscara = Sabtu), Ka (Kliwon) : Buruk bila bekerja. Tetapi baik untuk memasang pekakas guna-guna.

KLAWU

Buruk untuk bepergian jauh, mendapat bahaya. Pindah rumah juga tidak baik. tidak baik untuk membuka hutan. Semua buruk. Baiknya untuk mengobati orang sakit, cepet sembuh. Untuk perkawinan sangat baik, mendapat kebahagiaan. dituruti sahabat.

  • Ra (Redite = Minggu), U (Umanis) : Baik untuk membeli hewan berkaki empat, dan ayam, burung. Segala jenis binatang peliharaan. Mengobati orang sakit dan binatang yang sakit cepat sembuh.
  • Co (Coma = Senin), Pa (Paing) : Baik untuk mengobati orang sakit dan ayam sakit, cepat sembuh.      
  • A (Anggara = Selasa), Pwa (Pon) : buruk jika berkarya, cendrung mendapat sakit. Bila bepergian celaka, terkatung-katung.
  • Bu (Buda = Rebo), Wa (Wage) : Baik untuk segala pekerjaan. Buruk untuk bepergian, cendrung di hadang musuh.
  • Wra (Wraspati = Kemis), Ka Kliwon): Buruk untuk bepergian, cendrung diperlakukan tidak susila, difitnah orang jahat, tidak dapat membalas. Tetapi baik untuk menaikan (menyimpan) padi di lumbung.
  • Su (Sukra = Jumat), U (Umanis) : Baik untuk bercocok tanam, subur lebat buahnya.
  • Sa (Saniscara = Sabtu), Pa (Paing) : Baik untuk bepergian. Berkarya mendapat kerahayuan. Makmur dalam menjalin rumah tangga.

DUKUT

Buruknya untuk bepergian. Tidak berhasil dalam mencari nafkah. Tidak berhasil dalam berguru. Semuanya itu buruk. Baiknya adalah untuk membangun segala jenis bangunan. Bercocok tanam, tanaman berbuah. Untuk mendapatkan istri. Membuat obat dan pengijeng, sarana yang mengandung kekuatan gaib sebagai penjaga, semua baik.

  • Ra (Redite = Minggu), Pwa (Pon) : Baik untuk berburu, membeli segala jenis binatang, ayam.
  • Co (Coma = Senin), Wa (Wage) : Baik untuk menjamu orang banyak, akibatnya mendapat untung.
  • A (Anggara = Selasa), Ka (Kliwon) : Buruk jika bepergian bertemu dengan kala dan mendapat pukulan dengan tangan.
  • Bu (Buda = Reba), U (Umanis) : Baik untuk pergi untuk minta bantuan, dikasih orang. Baik untuk memelihara rumah.
  • Wra (Wraspati = Kemis), Pa (Paing) : Baik untuk mengambil pekerjaan. Baik untuk menitip pesan, mendapat kesenangan, baik untuk mengasah senjata.
  • Su (Sukra = Jumat), Pwa (Pon) : Baik untuk menyamai padi, mendapat banyak hasil.
  • Sa (Saniscara = Sabtu), Wa (Wage): Buruk untuk bepergian, cendrung rugi.

WATUGUNUNG

Bahayanya, pekarangannya berpagar keliling, cendrung dirusak pencuri. Bila menyimpan harta benda di tempat menyimpan, cendrung hilang. Baiknya adalah untuk mencari obat, cepat sembuh. Baik untuk bercocok tanam, baik untuk mendapat sahabat dan menitip pesan.

  • Ra (Redite = Minggu), Ka (Kliwon) : Buruk segalanya. Sakit, mendapat sengsara. Tetapi baik untuk membeli ayam.
  • Co (Coma = Senin), U (Umanis): Baik untuk memulai membajak, menyemai padi, banyak panennya.
  • A (Anggara = Selasa), Pa (Paing) : Buruk untuk bepergian, cendrung mendapat sengsara di tempat tujuan.
  • Bu (Buda = Rebo), Pwa (Pon) ; Buruk untuk bersenang-senang, membuat keramaian, cendrung didalangi orang jahat. Jika bepergian cendrung dirampok dijalan.
  • Wra (Wraspati = Kamis), Wa (Wage) : Baik untuk bepergian, mendapat kerahayuan di tempat tujuan. Bayi lahir sempurna.
  • Su (Sukra = Jumat), Ka (Kliwon) : Buruk untuk bepergian, cendrung mendapat bahaya di tempat tuan.
  • Sa (Saniscara = Sabtu), U (Umanis) : Baik untuk seluruh pekerjaan. Baik untuk bercocok tanam pohon buah-buahan. Banyak panennya.




Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan

Baca Juga