Dasar Sistem Tantra dalam Yoga


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran. Mohon melakukan konfirmasi dengan membalas email jika sudah melakukan pembayaran. Tanpa konfirmasi, pihak admin tidak dapat mengetahui jika sudah ada pembayaran.

Tantra Kundalini

Namun beberapa teknik yang diajarkan dalam Tantra, bisa sangat berguna dan kuat, berdasarkan pada meditasi dari teks-teks tantra (seringkali interpretasi praktik-praktik dari Tantra Vijnana Bhairava atau praktik-praktik yang melibatkan energi, chakra, dan kesadaran nadi-nadi) namun demikian seringkali unsur bhakti hilang bersama dengan aspek-aspek mendasar lainnya seperti kelanjutan sublimasi (meningkatkan energi dari daerah-daerah yang lebih rendah).

Menurut tradisi, untuk latihan maituna sejati, Kundalini harus dibangunkan dan Kechari harus minum amrita dari pericarp kepala, artinya lidah memanjang harus dimasukkan jauh ke dalam tengkorak seseorang melalui saluran hidung untuk menerima semacam nektar suci yang dikatakan mengalir dengan kebangkitan Kundalini. Ini sangat maju dan semua praktik Tantra lainnya benar-benar persiapan awal untuk terjadinya tantra sejati ini.

Menurut Tantra dan banyak tradisi lainnya, tanpa prana shakti (chi, qi dll.) Mahluk hidup akan mati. Kita terbuat dari Shakti dan juga memiliki Shakti berjalan di dalam kita, menopang kita. Dia adalah prana (energi kekuatan hidup) dan ada di dalam kita sebagai 5 prana yang menjaga semua fungsi tubuh kita. Setiap prana memiliki fungsi khusus masing-masing dan kita membutuhkan semuanya; untuk mencerna, bernafas, bergerak dan sebagainya, tetapi juga di dalam diri kita ada ungkapan Shakti lainnya. Ini adalah sumber utama dan kekuatan Shakti yang dikenal sebagai Kundalini Shakti, yang terdiri dari energi vital, spiritual-spiritual.

Dia adalah kekuatan murni energik yang berada di sekitar chakra dasar (muladhara), dekat dengan tulang ekor. Ketika dia terikat pada pikiran individu dia dinyatakan sebagai ahamkara ‘Aku merasakan’ tetapi ketika ego kecil itu ditransendensikan dan karenanya Kundalini tidak lagi terikat, dia bangkit untuk bertemu dengan Siwa.

Menurut Tantra, kundalini tertidur seperti ular melingkar sampai dimurnikan dan cukup seimbang untuk energi ini naik. Ini mengatakan beberapa bentuk tantra tingkat lanjut seperti Aghora bekerja dengan cara yang jauh lebih misterius dan berbahaya dan tidak mempedulikan kemurnian seperti yang kita ketahui, setelah melampaui energi material dari ketiga guna.

Jadi dalam pengertian mekanis yoga, kita memurnikan tubuh, chakra, nadi (jalur energi / meridian), membuka kunci dari simpul-simpul syaraf (ikatan psikis yang menghambat Kundalini agar tidak naik) dan akhirnya Kundalini dapat mulai naik. Ini harus dilakukan dengan cara yang bertahap, sistematis dan banyak yogi telah memperingatkan terhadap praktik yang salah atau serampangan yang dapat menyebabkan Kundalini meningkat sebelum sistem individu siap untuk menangani kekuatan seperti itu, jika tidak akan seperti memasukkan bola lampu whatt rendah ke dalam sumber daya yang sangat tinggi. Sekering psikis dapat meledak yang dapat berakibat serius seperti gugup, kegilaan atau bahkan kematian.

Kadang-kadang selama latihan yoga kita mengalami aliran energi yang naik ke tulang belakang: pengalaman yang sejuk, kesemutan, atau membesarkan rambut. Pengalaman ini juga dapat terjadi secara spontan selama situasi yang sangat emosional seperti ketika menyanyikan bhajan atau selama meditasi. Ini bisa kita katakan adalah permutasi, esensi tambahan dari Kundalini, tidak seperti ekspresinya yang penuh dan intens. Itu menyenangkan dan memberi kita gagasan tentang bagaimana energi dapat bergerak melalui Shushumna Nadi (juga dikenal sebagai Meru Danda) – jalur energi yang mengalir di tulang belakang.

Ini adalah sebagian alasan mengapa bercinta bisa menjadi bentuk yoga yang sangat kuat karena dimensi tambahan dari polaritas eksternal; maskulin yang bekerja dengan feminin yang diciptakan dengan bergabung dengan pasangan, mempertinggi pengalaman peningkatan energi melalui tubuh dan membuat praktik yang sangat unik yang mungkin tidak dapat dicapai sehingga dengan mudah bekerja sendiri.

Ketika seseorang masuk ke resonansi dengan pasangannya dan bekerja untuk memurnikan chakra dan meningkatkan energi bersama, seseorang bisa menjadi sangat sensitif sehingga memungkinkan untuk merasakan ke dalam tubuh satu sama lain. Sama seperti kita dapat merasakan energi meningkatkan tulang punggung kita sendiri, melalui praktik tantra, seksual seseorang bisa menjadi sangat selaras sehingga merasakan energi naik tulang belakang pasangannya seolah-olah tubuh itu merupakan perpanjangan dari tubuh dia sendiri. Bahkan dimungkinkan untuk secara ajaib meninggalkan tubuh sendiri dan masuk ke dalam tubuh pasangannya.

Namun harus diingat bahwa semua ini tidak dilakukan untuk kesenangan semata, ini adalah bentuk disiplin dari sadhana tingkat lanjut dan untuk tujuan pencerahan dan penyembahan. Banyak teks berbicara tentang pentingnya melampaui sifat dasar seseorang dan memurnikan bahkan hasrat primal untuk berhubungan seks sebelum seseorang siap untuk praktik-praktik canggih semacam itu.



Baca Juga

Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan