Canakya Niti Sastra – Ilmu Politik, Kepemimpinan dan Moralitas


Download Semua Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Login

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini

  • Donasi untuk download semua konten yang ada di website ini ke versi PDF.
  • Hak akses download berlaku untuk 12 bulan.
  • Konten akan terus ada penambahan, dan anda bebas untuk download konten baru (selama akun aktif).
  • Pastikan menggunakan Email aktif untuk konfirmasi akun.
  • Pembayaran dengan Transfer Bank
  • Aktivasi akun mak. 1×24 jam setelah pembayaran. Mohon melakukan konfirmasi dengan membalas email jika sudah melakukan pembayaran. Tanpa konfirmasi, pihak admin tidak dapat mengetahui jika sudah ada pembayaran.

Memperlakukan dan Menjaga Wanita

Wanita adalah makhluk yang kuat tetapi bisa menjadi sangat lemah baik dilihat secara pisik maupun secara psikis. Kelemahan pada wanita memberikan ciri bahwa ia memiliki sifat atau naluri yang lembut. Akan tetapi kelemahan dan kelembutannya bisa mengakibatkan kebahagiaan dan juga kesengsaraan. Maka dari itu hendaknya seorang wanita harus dilindungi agar terciptanya keharmonisan dalam keluarga. Orang yang bertugas melindungi Wanita yang tertera dalam Manawa Dharmasastra, IX. 3,6 dan 9:

Ayah

Seorang ayah hendaknya melindungi putrinya agar tumbuh menjadi seorang wanita yang suci dan seorang Ayah harus memikirkan siapa yang menjadi pendamping hidup putrinya nanti. Jangan sampai putrinya jatuh ke orang yang tidak bertanggungjawab. Ketika putrinya sudah menikah tanggungjawab melindungi dilimpahkan kepada suaminya.

Suami

Seorang suami hendaknya menjaga dan melindungi istrinya dengan sepenuh hati agar istrinya merasa aman dan nyaman. Walaupun sang suami lemah, ia harus tetap melindungi istrinya. Karena istri merupakan lambang kehormatan dalam keluarga. Seperti kisah Drupadi yang ditelanjangi oleh Kurawa, maka Pandawa akan merasa terhina seumur hidup. Maka dari itu seorang suami hendaknya melakukan apa saja untuk melindungi istrinya.

Anak Laki-laki

Ketika peranan ayah sudah tidak ada atau ayah sudah meninggal, yang bertanggungjawab melindungi wanita dalam keluarga adalah anak laki-lakinya.

Anak laki-laki hendaknya melindungi Ibu, dan saudari perempuannya disaat tidak ada ayahnya. Karena dalam agama hindu seorang anak laki-laki merupakan generasi penerus keluarga.

Selain dijelaskan siapa yang bertanggungjawab kepada wanita, dijelaskan juga tentang bagaimana cara menjaga seorang wanita yang tertera dala Manawa Dharmasastra, EX. 10, dan 11. Yang mengatakan bahwa tak seorang laki-laki pun dapat menjaga wanita dengan kekerasan tetapi ia dapat dijaga dengan cara-cara sebagai berikut: selain melindungi dari musuh atau marabahaya, seorang suami juga harus membimbing istri agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik seperti mengelola rumah tangga dan mangatur keuangan keluarga. Seorang suami juga menanamkan sikap saling percaya kepada seorang istri serta memberikan pemahaman akan pentingnya kesetiaan. Apabila wanita tidak dijaga maka wanita akan jatuh, ada enam sebab wanita akan terjatuh menurut Manawa Dharmasastra, IX.13.

  • Minum-minuman keras
  • Bergaul dengan orang-orang jahat
  • Berpisah dari suami
  • Mengembara keluar daerah
  • Tidur pada jam-jam yang tidak layak
  • Berdiam dirumah laki-laki lain

Wanita disarankan jangan meminum minuman keras karena akan berakibat memabukan, apabila sudah dalam keadaan mabuk wanita akan kehilangan kesadaran dan mudah untuk dihancurkan. Wanita hendaknya tidak bergaul dengan orang jahat karena akan bisa berimbas pada si wanita tersebut, karena penjahat adalah orang yang tidak boleh dipercaya. Wanita disarankan berada jauh dari suami karena akan membuka peluang untuk berpaling mencari pasangan yang lain. Wanita hendaknya jangan mengembara keluar daerah karena wanita belum bisa menjaga dirinya dengan baik.

Wanita hendaknya jangan tidur pada jam-jam yang tidak layak karena bisa berakibat pandangan buruk dari orang lain. Dan wanita jangan berdiam di rumah laki-laki lain karena akan berdampak buruk bagi si wanita dan keluarga. Apabila seorang wanita sudah terjatuh maka yang menerima keburukan tersebut tidak hanya si wanita sendiri melainkan semua pihak keluarga akan menanggungnya. Maka dari itu lindungilah wanita seperti engkau menjaga dirimu sendiri.




Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan

Baca Juga