Vedānta Dibalik Tattvabodha tentang Jiva dan Maya Brahman


Download Konten PDF – 12 Bulan

Rp 100.000,00
Info Akun

Total: Rp100.000,00


Contoh PDF hasil dari download
Klik disini


Lima Selubung

Tattvabodha lebih lanjut membahas lima jenis selubung atau penutup. Mari kita ambil jeruk sebagai contoh. Pada buah jeruk, pertama ada pericarp bagian luar, kemudian pericarp bagian dalam, kemudian bubur kertas dan akhirnya kita melihat benih yang tertanam di pulp. Untuk melihat benihnya, kita harus melewati pericarps dan bubur kertas. Dengan cara yang sama, kita harus melewati selubung ini untuk menyadari sang Brahman. Pañchadaśī (III.1) mengatakan, “Adalah mungkin untuk mengetahui Brahman yang tersembunyi di gua dengan membedakannya dari mereka. Oleh karena itu lima selubung sekarang sedang dipertimbangkan“. Bab II dari Taittirīya Upaniṣad juga membahas tentang selubung ini.

Apa saja lima selubung itu? Kelima selubung adalah annamaya, prāṇamaya, manomaya, vijñānamaya dan ānandamaya kośa. Kelima selubung ini diterjemahkan sebagai selubung makanan, udara vital, pikiran, kecerdasan dan kebahagiaan.

Kelima selubung ini terkait dengan tiga jenis tubuh yaitu :

  • Tubuh kotor: annamaya kośa dan prāṇamaya kośa
  • Tubuh halus: manomaya kośa dan vijñānamaya kośa
  • Tubuh kasual : ānandamaya kośa

Diri di dalam dapat diwujudkan hanya jika semua sarung ini ditransendensikan, karena Diri tetap terbungkus oleh sarung ini. Selubung ini menyebabkan ilusi dengan membuat seseorang mengidentifikasi dengan selubung ini. Eksterior annamaya kośa adalah yang paling kotor dari lima dan interior ānandamaya kośa adalah yang paling halus.

Annamaya Kosha

Tubuh kotor terdiri dari annamaya kosha dan prāṇamaya kośa. Kedua kośa ini (selubung) bersifat kotor, karenanya dikaitkan dengan tubuh kotor. Ini disebut sarung karena mereka membentuk kerudung di sekitar jiwa atau ātman. Jiwa atau ātman ini tidak lain adalah Brahman Sendiri, yang berada di luar tubuh dan lima selubung ini . Pengetahuan tentang selubung ini menjadi penting agar seseorang dapat meniadakannya sebagai Brahman. Seperti yang sudah dibahas, Brahman hanya dapat diwujudkan dengan penegasan dan negasi.

Annamaya kosha atau sarung fisik dihasilkan oleh kombinasi unsur kasar yaitu. eter, udara, api, air dan tanah (bumi). Selubung ini disebut annamaya kosha, karena hanya ditopang melalui asupan makanan. Makanan yang dikonsumsi tidak hanya memelihara organ luar dan juga daging, darah, saraf, tulang, dll.

Pañcadaśī (III.3) menjelaskan pembentukan tubuh kasar. Dikatakan bahwa tubuh kasar terbentuk dari cairan prokreasi orang tua, yang terbentuk dari makanan yang dikonsumsi oleh mereka. Kualitas cairan prokreasi lagi tergantung pada kualitas makanan yang dikonsumsi oleh mereka. Selubung fisik menjadi penting tidak hanya untuk menopang selubung lainnya, tetapi juga keharusan untuk menjalani karma seseorang, yang memasuki janin pada saat konjugasi.

Karma dibuka sebagian besar melalui tubuh kasar dan lebih jarang melalui pikiran. Selubung fisik, yang paling kasar di alam, dibentuk oleh selubung paling halus ānandamaya kośa.

Dengan kata lain, ānandamaya kośa membentuk vijñānamaya kośa, vijñānamaya kośa membentuk manomaya kośa, manomaya kośa membentuk prāṇamaya kośa dan prāṇamaya kośa membentuk annamaya kosha.

Itu seperti tubuh kasar yang tidak dapat dibentuk tanpa tubuh kasual. Itu selalu yang paling subtil yang mengarah ke yang paling kotor. Hanya karena jiwa yang paling halus, tubuh yang kasar terbentuk. Bahkan dalam kasus unsur-unsur kasar, yang paling halus di antara mereka, ākāśa (etter) adalah penyebab dari unsur-unsur lainnya.

Taittirīya Upaniṣad (II.1) dengan indah menjelaskan fenomena ini.

Dari Diri ini muncul ruang; dari udara luar angkasa, dari udara, api; dari api, air; dari air, bumi; dari bumi, tanaman dan tumbuhan; dari tumbuh-tumbuhan dan tumbuhan, makanan; dari makanan datang manusia.

Tattvabodha mengatakan bahwa annamaya kosha terbentuk dari esensi makanan (esensi dibuat karena sistem pencernaan), ditopang oleh esensi makanan dan akhirnya dikonsumsi ke bumi, di mana tanaman tumbuh menghasilkan biji-bijian makanan.

Kualitas tubuh fisik tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan tertentu menciptakan organ yang berkualitas, sedangkan jenis makanan tertentu menyebabkan tidak berfungsinya organ. Khususnya merokok tidak hanya melukai organ seperti jantung dan paru-paru, tetapi juga menghabiskan energi positif tubuh secara keseluruhan. Kehadiran perokok dalam pertemuan spiritual mengikis sejumlah besar getaran positif yang dihasilkan. Setetes racun sudah cukup untuk mengubah seluruh gelas air beracun.

Pentingnya tubuh kasar tidak dapat diabaikan. Hanya melalui bantuan tubuh kasar yang membuat kita dapat belajar menyadari Brahman. Dengan secara efektif mengendalikan sembilan lubang di tubuh kasar, sifat bawaan dari tubuh kotor dapat dimodifikasi. Sebagai contoh, organ-organ sensorik dapat secara efektif dikendalikan dari berhubungan dengan dunia materialistis. Ini dapat terjadi hanya dengan latihan, yang mana annamaya kosha sangat penting.



Baca Juga

Beryadnya dengan Sharing

Tak akan Mengurangi Pengetahuan

FACEBOOK COMMENT